Jumat, 12 Juli 2013

Jangan Nodai Bulan Penghapus Noda dan Dosa



 Orang yang tidak mendapatkan ampunan di dalam bulan Ramadhan, sungguh ia benar-benar berada dalam puncak segala kecelakaan.” (Ibnu Rajab Al Hambali)





Ramadhan, akhirnya nafas dan langkah hidup kita bertemu kembali dengan bulan penuh samudera kemuliaan. Baik samudera bentuk amal yang tidak ada dibulan lain maupun bobot amal yang dilipat gandakan pahalanya hanya dibulan ini.
                Secara sadar dengan samudera kemuliaan yang ada dalam bulan Ramadhan kita harus berupaya dan memperbanyak aktifitas amal dibanding bulan lainnya karena ini adalah kesempatan yang berharga untuk memperbanyak pundi-pundi bekal diakhirat kelak. Puasa adalah ibadah wajib bagi kita yang berusia taklif dan tidak memiliki uzur, meninggalkan makan, minum dan syahwat seksual disepanjang hari demi memenuhi ketentuan dan perintah Allah SWT dan memuliakan kehormatan Ramadhan.
                Namun ada pemandangan sebaliknya yang kadang itu bahkan dekat dengan keseharian kita. Coba pandang sekitar pada siang hari, betapa tanpa beban dengan entengnya ditempat umum kita temukan mengisap rokok, makan dengan lahap, minum dan sebagainya dengan alasan yang sangat sederhana panas dan kelelahan. Padahal secara ukuran fisik ia sangat sehat dan kuat dibandingkan kita.
                Rasulullah SAW telah bersabda “ Barang siapa yang berbuka (tidak berpuasa) sehari di siang Ramadhan, tanpa ada rukhshah (keringanan) yang diberikan Allah kepadanya, maka ia tidak akan pernah bisa menggantinya meskipun ia berpuasa sepanjang tahun ( HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).
                Kadang juga tanpa sadar kita lepas control karena begitu semangat sehingga tidak dapat menahan hawa nafsu. Kebiasaan sebagian dari kita untuk menghabiskan banyak uang untuk membeli beraneka macam makanan berbuka namun pada saat waktunya menyantap tak sanggup menghabiskan. Atau menghambur uang untuk hal-hal yang tidak berguna bahkan menggangu orang lain yang sedang khusyu berlomba menggapai pahala Ramadhan dalam ibadahnya dengan bermain petasan dan mercon disiang ataupun malam hari.
                Bulan ini adalah bulan penuh ampunan dan Rahmat, hendaknya kita pergunakan untuk hal-hal yang menunjangnya. Jangan kita mengurangi kehormatan, kemuliaan dan keagungan bulan Ramadhan dengan titik-titik noda yang kita anggap itu hal sepele. Keberhasilan Ramadhan kita akan terlihat dari grafik amal yang meningkat dan menurunnya dosa dan kemaksiatan. Kita harus senantiasa mengingat sabda Rasulullah SAW “ Berapa banyak orang yang berpuasa namun ia tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali lapar dan dahaga…” (HR. Bukhari dan Muslim). Jangan kita nodai bulan penuh ampunan ini dengan hal-hal yang tidak berguna dan mengurangi pahala dan kemuliaan puasa Ramadhan kita.

Jafana Garden, 3 Ramadhan 1434 H/ 12 Juli 2013
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar