Sabtu, 21 Juli 2012

Persiapan Pelaku Public Speaking

Oleh : Cahyadi Takariawan

gambar : Google
                                                           gambar : Google

Para aktivis dakwah adalah pelaku public speaking (PS). Setiap saat kita selalu terlibat dalam public speaking, untuk mempengaruhi orang lain agar melakukan kebaikan, untuk menjelaskan sikap dakwah kepada masyarakat, untuk mengajak masyarakat melakukan berbagai aktivitas positif, dan lain sebagainya. Semua aktivitas dakwah ke tengah kehidupan masyarakat, memerlukan sentuhan kemampuan dan seni public speaking.

Sekedar untuk berbicara dengan tetangga, untuk mengajak mereka hadir dalam sebuah aktivitas dakwah, diperlukan kemampuan public speaking. Undangan melalui sms dan surat hanyalah formalitas, namun undangan melalui lisan, akan sangat berkesan apabila dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Agar public speaking yang kita lakukan bisa mencapai tujuan yang diinginkan, diperlukan beberapa persiapan sebagai berikut:


1. Persiapan Spiritual
Public Speaking ada yang memiliki kekuatan pengaruh (quwwatut ta’tsir) pada audiens untuk mengubah pemahaman dan perilaku mereka, ada yang sekedar menyenangkan dengan membuat audiens tertawa terbahak-bahak, ada juga yang sekedar membuat kagum audiens karena kemampuan orasi dan retorika yang luar biasa.
Kekuatan pengaruh –dalam konteks dakwah—lebih banyak dipengaruhi oleh kondisi spiritual pembicara. Kalaupun audiens terpesona oleh retorika, belum tentu akan bisa memberikan pengaruh dalam waktu yang lama.

2. Persiapan Mental
Persoalan yang biasa dijumpai dalam public speaking adalah grogi, tidak percaya diri, dan perasaan minder. Apabila menjumpai suasana kejiwaan tersebut, anda telah menabung 50 % kegagalan dalam menyampaikan pesan. Oleh karena itu siapkan mental anda dengan baik. Cobalah perhatikan do’a-do’a ini:
Rabbisyrahli shadri, wayassirli amri, wahlul uqdatan min lisani, yafqahu qauli…
Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla….
Konsentrasikan niat anda: fadzakkir, innama anta mudzakkir, lasta alaihum bimushaithir.

3. Persiapan Intelektual
Anda harus menguasai tema atau materi pembicaraan yang hendak anda sampaikan kepada publik. Carilah referensi yang mendukung, catat yang penting, jika perlu. Kuasai juga data-data dan ilustrasi yang diperlukan untuk menunjang materi. Lakukan yang terbaik untuk suksesnya public speaking anda.

4. Persiapan Teknis
Bagaimana dengan tujuan dan target forum, bentuk forum, penataan kursi serta meja, sound system, jadual acara, bahasa pengantar, dan siapa saja yang hadir dalam acara tersebut, apakah telah anda mengerti? Anda bisa gugup setelah memasuki ruangan, apabila sebelumnya tidak mendapatkan informasi mengenai teknis forum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar