Sabtu, 09 Agustus 2014

30 Kosakata Ramadhan () Kasturi



Sebagian diantara kita mungkin punya masalah dengan bau mulut, apalagi jika itu terjadi pada bulan Ramadhan dimana semua kaum muslimin berpuasa dan tentunya memiliki permasalahan dengan bau mulut karena sejak terbit fajar hingga terbenam matahari dilarang untuk mengkonsumsi makanan dan minuman.

Bau mulut orang yang berpuasa ternyata memiliki keutamaan dihadapan Allah SWT Sang Pencipta makhluk-Nya yang bernama manusia. Dalam sebuah Hadits dari Abu Hurairah ra Rasulullah SAW bersabda “… Demi Zat yang jiwa Muhammad berada dalam genggaman-Nya, bau mulut orang yang sedang berpuasa bagi Allah lebih harum dari pada bau minyak kasturi…(HR. Bukhari dan Muslim)

Minyak kasturi memiliki tempat yang khusus diantara wewangian dan minyak wangi yang lainnya karena keistimewaannya. Dalam sebuah hadits Rasul SAW menyebutkan “ sebaik-baik wewangian adalah minyak kasturi “. (HR. Muslim) 

Kasturi sering disebut sebagai raja wewangian karena merupakan wewangian yang paling baik dan paling wangi.

Dalam kajian Ibnul Qayyim Al Jauziah, minyak kasturi selain memiliki aroma wangi yang semerbak ternyata memiliki khasiat lainnya seperti mengobati penyakit rabun, mengobati detak jangtung yang tidak stabil, menetralisir temperature tubuh, penawar yang multiguna, menghilangkan sesak nafas dan sebagainya.

Ilmuwan-ilmuwan Islam juga menyebutkan bahwa minyak kasturi mampu mencerdaskan akal serta dapat menyehatkan otak, selain untuk menyadarkan orang yang pingsan.

Setiap yang terjadi pada manusia sungguh tak ada yang sia-sia di hadapan-Nya walau itu hanya berupa hal kecil bau mulut ketika berpuasa. Allah mengibaratkan bau mulut tersebut dengan perumpamaan wewangian terbaik dan banyak manfaat yang ada dimuka bumi.

Wallahu’alam
Jafana Garden, 4 Ramadhan 1435 H/ 2 Juli 2014


IWAN Wahyudi
www.iwan-wahyudi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar