Jumat, 07 Oktober 2011

Petunjuk Rasulullah dalam Berbicara



Bagaimana Rasulullah SAW memberikan petunjuk dan contoh dalam berbicara? Ibnu Qayyim Al-Jauziyah meringakasnya dalam Zaadul Ma'ad sebagai berikut:

كان صلى الله عليه و سلم أفصح خلق الله وأعذبهم كلاما وأسرعهم أداء وأحلاهم منطقا حتى إن كلامه ليأخذ بمجامع القلوب ويسبي الأرواح ويشهد له بذلك أعداؤه

Rasulullah SAW adalah orang yang paling fasih bicaranya diantara makhluk Allah, paling enak didengar perkataannya, paling cepat penyampaiannya, dan paling manis tutur katanya. Hingga perkataan beliau itu sangat menyentuh hati dan menggugah jiwa. Bahkan musuh-musuhnya mengakui hal itu.

وكان إذا تكلم تكلم بكلام مفصل مبين يعده العاد ليس بهذ مسرع لا يحفظ ولا منقطع تخلله السكتات بين أفراد الكلام بل هديه فيه أكمل الهدي

Jika beliau berbicara, kata-katanya rinci dan jelas sehingga dapat dihitung oleh orang yang mau menghitung. Tidak terlalu cepat sehingga tak bisa diingat dan tidak terputus-putus atau diselingi oleh diam diantara penggalan-penggalan perkataanya. Tuntunan beliau dalam berbicara sangat sempurna.

قالت عائشة : ما كان رسول الله صلى الله عليه و سلم يسرد سردكم هذا ولكن كان يتكلم بكلام بين فصل يحفظه من جلس إليه

Aisyah berkata: "Rasulullah SAW tidak pernah berbicara cepat seperti kamu ini, tetapi beliau berbicara dengan perkataan yang jelas, rinci, bisa dihafal oleh orang yang duduk bersamanya." (HR. Tirmidzi)

وكان كثيرا ما يعيد الكلام ثلاثا ليعقل عنه وكان إذا سلم سلم ثلاثا

Sering kali beliau sengaja mengulang perkataannya dengan tujuan supaya bisa dipahami. Apabila memberi salam beliau mengucapkannya sebanyak tiga kali.

وكان طويل السكوت لا يتكلم في غير حاجة يفتتح الكلام ويختتمه بأشداقه ويتكلم بجوامع الكلام فصل لا فضول ولا تقصير

Beliau termasuk banyak diamnya, tidak berbicara tanpa ada manfaatnya. Memulai dan mnutup pembicaraan dengan ungkapan yang fasih. Beliau berbicara dengan ungkapan yang singkat namun luas maknanya (jawami'ul kalim). Berbicara dengan rinci, tidak lebih dan tidak kurang.

وكان لا يتكلم فيما لا يعنيه ولا يتكلم إلا فيما يرجو ثوابه

Beliau tidak berbicara tentang sesuatu yang tidak menjadi perhatiannya, dan tidak berbicara kecuali pada hal-hal yang diharapkan pahalanya. [Sumber: Zaadul Ma'ad karya Ibnu Qayyim Al Jauziyah]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar